10.30.2014

PENGGURAN DAN TES INTERVIEW

Masa paling sulit dalam hidup masa mencari kerja selain mencari pacar. Menjadi jobseeker ga gampang trust me.... Berat menanggung gelar sarjana dengan title di belakangnya dan harapan orang tua menjadi beban yang sangat besar . Pengangguran entah sampai kapan mungkin waktu yang bisa menjawab mungkin kurang cakap. Jika rejeki ada di langit maka turunkanlah “ kata kata yang gue denger di tv pas gue bangun pagi. Kata orang rejeki ga kemana tapi kalo udah nyari rejeki kemana mana tapi ga dapet dapet berarti bukan rejeki. Mungkin harus lebiih bersabar “ gue udah sabar sekecamatan” kata salah satu temen gue.
Banyak orang bilang cari pengalaman dulu jangan mentingin gaji . pengalaman interview gue udah banyak banyak suka duka lebih banyak dukanya tepatnya , pengen nangis rasanya udah berapa bulan gue jadi pengganguran, terhitung dari bulan july,agustus , september, oktober . congratulation gue 4 bulan nganggur. Karna gue orang padang beda beda tipis ama cina maka gue suka hitung untung dan ruginya . misal oke gaji gue kecil anggap aja umr 2,5 dikali 4 bulan bisa dapet 10 juta . tapi gue kan wisudanya akhir oktober ini  jadi masi wajar lahh yang tiga bulan itu gue habiskan buat leha leha like a boss di rumah . tapi tetep aja miris kalo inget 10 juta. Bener bener ga produktif hidup gue. November akan datang gue harap semua temen temen gue dapet kerja termasuk juga gue, sudah cukup menjadi jobseeker dan menunggu telpon berdering . ini ga enak men sakit rasanya , karna gue perawat gue membenci raa sakit , sakit karna nganggur , sakit di phpin rumah sakit, sakit nungguin telpon, sakit otak gue mikirnya ...... yang paling sedih ketika ditanya “ lagi tugas dimana sekarang,cit?? “ gue jawab apa adanya “ masi pengangguran ni” abis itu udah ga di read read lagi line gue L sedihh bgt . “ can buy me love, money can be love~
Buat lu pada yang di luar sana di belah bumi mana pun lagu yang cocok buat pengangguran the offspring-why you dont get a  job. Gue puter lagu ini berulang ulang tapi masi belom dapet kerja juga.
Kenapa rumah sakit ngegajinya tenanga kesehatan  ga sesuai standar. Rata rata  gaji umr, malah ada yang di bawah umr apa lagi pekerjaan ini resiko tinggi terpapar penyakit. jawabannya takdir~. Karna di akhirat udah ga ada lagi tenaga kesehatan bukan uang aja ternyata yang dicari pahala juga. Di otak gue selalu uang gaji gede uang emang ga pernah cukup tapi kalo gaji kecil ga akan pernah cukup  kata kata ini membuat gue gilaa
 Dan menampar muka gue sampe gue sadar masi fresh graduate belom berpengalaman dan harus tabah menjalani hidup yang keras ini . hidup ini keras aku yakin diriku lebih keras.
Awal menjadi pengguran gue seneng seneng aja dan mikir kerja itu membosankan, tapi lama sadar sendiri bukan kerjanya yang bikin bosen, tapi nyari kerjanya bosen tes terus hahah.
Banyak pengalaman konyol ketika gue tes sana sini di rumah sakit
Ini interview paling parah di rs x, dan gue punya hipotesa semakin gede rumah sakit maka tesnya semakin susah semakin tinggi resiko gagal. Semakin kecil rumah sakit semakin mudah tesnya semakin besar peluang lulus tes. Idk
Interview ini kaya sidang skripsi ga tangung tanggung 3 orang petinggi petinggi sana. Satu orang bertanya tentang kepribadian satu orang lagi bertanya tentang wawasan satu lagi tentang paraktek tahap ini selebum tes tulis yang gue rasa  tes tulis hanya formalitas ajaa
“sebutkan kelemahan kamu ?” tanya nya
 hmmm ..” mikir keras dan lamaa
“ banyak utang kan udh ketahuan dari tampang kamu”  katanya ringan
“ lah pak ko tau saya banyak hutang “ kata gue ngakak
”ngakak huahah “
mau kerja di ruang mana ?| icu kalo ga ok|yg mana?| icu | lijkenhuis kamer mau? | hahh | itu loh kamar mayat| untung saya ga bilang mau pak
lain lagi temen gue ditanya temen pas interview .. coba sebutkan kekurangan kamu kecuali fisik ya|*mikir lamaa | kamu udh tinggi ada satu yg kurang , kamu jomblo | lol
Masing masing yang tes disana satu orang satu jam di dalem ruangan itu , malah ada yang ampe satu jam setengah stuck di dalem mikir keras dengan pertanyaan yang susah susah. Gue udah siapin semua pertanyaan dari temen yang mauju pertama kedua ketiga  ehh apes malah pertanyaanya beda. Apa gue bisa jawab di dalem?  kgag malah ketwa ketawa doang ,ketawa dengen miris nasib begini amat. Lalu php nunggu telpon 2 minggu . abis itu ga di telpon telpon. Interview lg di tempat lain pas tes interview ngasi contekan ketemen ehh ketauan udhan nya dibilang "satu institusi yg sama ya sambil ketawa puas. alamat gagal. inget pas tes interview minggu minggu lalu di tanya tentang dhf besok nya beneran kena dhf. true story. Paling sakit hati kalo gue ga bisa jawab trs usernya bilang “ saya s1 kamu juga s1 harusnya kamu bisa, masi fresh graduate loh ckckckc “ oooo my god kuliah gue ngapain aja pengen terjun dari lantai 5 rasanya “ hah emang masi ada insulin yang jarum ya? Huahahah” kata usernya , praktek dmn emang kamu “ katanya ngakak “ saya datang dari jaman jadoel sengaja ngelamar ke rs ini untuk melaksanakan misi penyelamatan dunia “ tadinya gue mau bilang gitu “ hahahah disini udah ga ada ya suntik insuin pake spuit “ katanya puas . pertanyaaan paling menjebak “ kenapa pengen jadi perawat “ selalu ada di setiap rumah sakit dan gue selalu bilang tugas suci yang harus dijalnkan “ gue ga tau harus bilang apa lagi . sampe sampe gue nyesel dulu waktu profesi kenapa gue ga bener bener ngapalin yang namanya patofisiologi sekarang keteteran gini L. Dan masi sama php 2 minggu tuggu telepon udah 2 minggu gue contak temen temen yang tes disana mereka juga ga dipanggil semua. Gue ga faham lagi arti dari semua ini . why??  Tes lagi di rumah sakit lainnya hrd nya galak luar biasa waktu tes interview user ama hrdnya pertanyaan udah gue jawab tapi kenapa jawaban gue ga bikin dia puas , jawaban gue bener dan kenapa masi perlu di tambahin lagi , sampai akhirnya gue pun gagal .  gue tau salah gue dimana bawaanya kesel aja  temen yang tes disana ngebbm bilang kalo dia dapet telpon terus suruh dateng buat mcu, gue ko enggak , gue bisa jawab, jawaban gue bener , kenapa ohh kenpaaaa. Adalagi interview paling gila namanya walkinterview rame bgt yang hadir ,dari kampus gue aja udah banyak di tambah ketemu lagi ama anak dari kampus lain yag waktu praktek bareng di rs, makin heboh udah ngakak mulu disitu kerjaan , saingannya ama yang udah kerja semua makin kecil diterima . alhamdullilah gue udah ampe psikotes tinggal mcu yang php lagi tunggu hari senin di telpon tapi ga di telpon telpon . yang baca blog ini doain ya gue dapet pekerjaan sesuai jurusan

A.Definisi penganguuran
pengguran adalah bangun siang sepuasnya , begadang sepuasnya , main game sepuasnya , nonton tvmain internet sepuasanya , makan mie sepuasnya , nongkrong ama temen sepuasnya . menyenangkan bukan. Rekor bangun siang gue sampe jam 1 siang ampe kena omel nyokap . sebulan siklus hidup kaya gini menyenangkan tapi lama lama bosen juga bener udah ga tahan kaya gini ada pintu keluar ga si??................
B.etiologi
pengguran di sebakan banyak hal mulai dari gagal terus tes, dari psikotes nya kurang  dari kepribadiannya kurang, dari jawab interview nya ga pede, penampilannya kurang , katanya harus dadan dan rapi kalo interview gue juga mikir kalo yang di cari yang ganteng ganteng aja atau yang cantik cantik aja bisa di terima bekerja, andaii wajahku diganti tapi aku bersukur  , dari otak yang ga siap karna udah sering gagal tes interview, dulu kuliah kerjaanya ngengambar mulu kuliah tinggal kuliah sekarang tanggung sendiri akibatnya , kurang doa, kurang usaha, kadang cari kerja banyak ga adil nya , kenapa? Karna banyak yang pake orang dalem ada kenalan sana sini . ini ga adil , bisa aja rejeki lu keambil ama orang yang punya orang dalem harusnya lu di terima jadi enggak, karna lu suka makan mecin bisa juga bikin pengguran, hal paling fatal hape lu lowbeat, lu ga tau ada telpn masuk . habis itu hrd nya udah ga mau telpon lagi. Tapi ada orang dalem juga suka ga guna ada juga yang pake orang dalem tapi ga lulus , misalnya orang dalem nya kakak kelas baru kerja 1 tahun posisi blom cukup kuat mempengaruhi hati hrd. Yang paling ngenes email yang lu pake nama nya alay alay ex uculbgtcieh@yahoo.com akoehimoet@yahoo.com udah langsung diblacklist ama hrdnya, Banyak faktor kenapa jadi pengguran atauu bayar aja kali ya biar bisa kerja but its not goob  
C.Manifestasi
Sering murung, jerawatan, sering tidur, suka begadang, dompet kosong, pake paket internet yang murah, suka ngutang, punya stok foto 3x4 4x6 banyak banget , punya penjepit kertas banyak, uangnya abis buat fotokopian cvsertifikat sertifikat, lihai dalam  melilit amplop lamaran, tiap malam nyari lowongan kerja di internet , kulit terbakar matahari karna masukin lamaran jauh jauh,  
D.  Patofisiologi
Pengagngguran saat gelar yang sudah disandang meresap di tubuh akan merangsang hipotalamus meningkatkan rasa galau dan mengeluarkan hormon dopamin , serotonin , ansietas dll yang merangsang pembuluh darah melebar menyebkan cairan dari intervaskular keluar ke intersitial. Harga diri turun , kecewa meningkat di sebabkan katakata tunggu telpon 2 minggu lagi. 
E. Tata laksana
Berikan dukungan semaksimal mungkin kepada pengguran, dapatkan pekerjaaan yang diinginkan, berdoa, bersedekah, diet tinggi karbo tinggi protein rendah mecin
F. pemeriksaan penunjang
Gunakan kalo bisa interview berbahasa inggris biar aman





No comments:

Post a Comment

OBROLAN PENGANGGURAN

Gue masi bahas seputar dunia pengangguran Banyak sih dari temen temen gue udah pada kerja, ya kerja di rumah sakit tepatnya. Berapa pun g...