11.16.2009

JAS LAB & MIKROBIOLOGI BAG 2

saat nya praktek di laboratorium.sebelum praktek dosen menjelaskan hal2 yg harus di perhatikan selama praktikum...yang gw inget cuma

1.mengunakan baju praktikum/jas lab
3.tidak boleh makan minum/memasukan jari ke mulut 4.sebelum dan setelah praktikum mencuci tangan dgn atiseptik yg tersedia
Dst...

Cuma itu yang gw inget hahah...merepotkan.

"Karna kita akan bermain dengan api,jadi bagi yg rambut nya terurai indah mesti di kuncir.dan kalau yg pake kerudung mesti di masukan ke jas lab".(kalau yang botak gimana bu?)hahaha..jd ngeri neh bermain ama api udah kayak avatar aja..

gw pikir cuma kelas gw doank yang praktikum hari ini,tau nya dicampur ama anak2 bidan juga.(shoked).

gw pake jas lab yang langka dan limited edition itu,dan merasa dag dig dug gag tau dah napa.mungkin perasaan grogi takut terjadi something wrong.lalu kita semua di suruh cuci tangan pake sabun antiseptik...suasana di dalam lab rame banget udah kayak pasar ikan.

Gw pikir praktek nya sendiri-sendiri.taunya perkelompok sesuai absen.oke,gw udah dapet siapa-siapa aja kelompok gw dan udah dapet dosen pembimbing.karna kelompoknya banyak banget dari ujung ke ujung jadi dosen pembingnya tiap kelompok satu.
Gw dapet dosen yang baik,gag kayak kelompok X,dosen nya si rambut orange ngejreng hahahaha.

kali ini praktek mengenai gram positif dan negatif,ama pewarnaan batang tahan asam(BTA),...aduh agak ribet juga sih ngeliat dosen yang ramah itu mencontohkan tentang pewarnaan BTA... Yg gw inget tentang pewarnaan BTA

1.Nyalakan api
2.lap kaca object pake kertas saring
3.panas kan atau bolak-balikan kaca object di api,agar steril dan panaskan pesil warna yg ada di lab
4.kaca preparat yg udah steril tadi di lingkari dengan pensil warna yg udah di panaskan
5.karna pewarnaan BTA pake kuman tuberkulosis yang dari sputum(dahak),dosen nya gag berani ngsih sputum yg bener2 dari sipenderita,makanya di kasih kuman TBC yang udah di awetkan...(seinget gw dosen nya ngemeng gitu)
6.tuang karbol fukhsin
7.preparat yg ada kuman TBC nya di panaskan pake api bunsen ampe keluar uap dah pokoknya.
8.abis itu dicuci lagi pake air
9.tuangkan pake alkohol ampe 2 detik
10.cuci pake air
11.pake biru metilen diamkan ampe 2 menit
12.cuci pake air,
13.priksa pake mikroskop

Cuma ini yg gw inget...dan dosenya cuma ngejelasin yang BTA aja,kalau untuk pewaraan gram suruh liat di buku cara nya...

Ada 9 orang di kelompok gw,dari 9 orang di bagi jadi 3...yang satu bikin yang BTA dan gw kena yang pewarnaan gram.ah,asu...

Gw gag tau apa2 tentang pewarnaan gram.temen gw yang satu kelompok ama gw sebut aja namanya emy...emy sotoy bgt dah,udah gitu marah2 mulu kerjanya,gw ama si jaka cuma bisa cengo aja kayak patung,...yang ngerjain semua nya emy,gw gag ngapa-ngapain tangan gw bersih...karna emy sotoy banget,kelompok gw 4 kali ganti kaca object,salah mulu-salah mulu...karna gw udah muak liat si emy gw jadi pengen kabur dari lab ini...well,gw beneran kabur ke kelompok laen...gw gag peduli ama pewarnaan gram yang di bikin Ama emy,tau apa dia tentang pewarnaan gram.kelompok yang laen udah pada kelar,tinggal kelompok gw aja yang masih kgag jelas,malah dosen pembimbing nya lagi asik telfonan bener2 asu..

Kelompok X yang dosen pembingnya rambut orange ngejreng kata temen gw "galak bgt,kelompok nya kena omel mulu,udah gitu kelompok X ada yg mecahin kaca object,tambah ngamuk2 dah tuh dosen...lagian dongo amat hari gini masih aja cacu (baca:kaku).kalau di mal, pecah berarti membeli untungnya kelompok X,kgag di suruh ganti tuh kaca object...insiden berikut nya gag mau kalah,kali ini dari kelompok gw,tiba2 api bunsen nya berubah jadi orange udah gitu nyala apinya gede banget...seluruh ruangan langsung panic...dosen nya langsung manggil petugas lab,dan langsung mematikan api ....anak2 langsung tepuk tangan melihat aksi petugas lab.untung aja kgag kebakaran gara2 kejadian konyol macam ini,..gw gag tau persis penyebab kejadian nya,soalnya gw lagi maen ke kelompok lain,...menurut hipotesa gw,mungkin gara2 ada yang naro sembarangan alkohol 95%,di deket api bunsen...?

Ketika lagi asik mejeng ke kelompok laen,temen gw nyuruh gw berdiriin benda yang bentuknya kecil berisi cairan bening...gw berdiriin benda yg tergeletak itu,trus tanpa sengaja cairan yang ada di benda itu keluar muncrat ke tangan gw...anjrit gw panic ga tau harus ngpain,gw pikir itu cairan itu berisi kuman2...tau nya pas gw tanya temen gw,jawabanya itu cuma minyak emirsi yang buat lensa mikroskop,...hahaha :$

Praktek nya udah kelar trus gw langsung cuci tangan pake sabun anti septik.gw cuci tangan ampe 2 kali,padahal gw dari tadi kerjaan gw cuma jalan2 mondar-mandir,kgag ngerjain apapun...

No comments:

Post a Comment